Bisnis TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan Bisnis Informatika
Definisi
Bisnis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan Bisnis Informatika
Peranan
TIK dalam bidang bisnis sangat besar karena tujuan dari bisnis adalah untuk
mencari keuntungan yang diperoleh dari hasil transaksi, baik barang maupun
jasa. Penggunaan alat bantu TIK merupakan keharusan untuk mengembangkan dan
memajukan bisnis. Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk
memproses gaji, data statistik, dan akunting (keuangan). Sistem komputer
melakukan otomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin kantor. Banyak bisnis sudah
menggunakan sistem komputer untuk pengawasan stok barang, membuat laporan
keuangan, meramal, dan merencanakan bisnis masa depan. Bagi dunia bisnis,
jejaring telekomunikasi awalnya digunakan seperti halnya jejaring listrik,
distribusi air, dan jejaring utilitas lain. Ini merupakan sumber yang penting,
tetapi dulu perusahaan memiliki pengaruh yang kecil. Perusahaan-perusahaan
memiliki pilihan yang terbatas atas layanan yang diperoleh dari penyediaan
layanan yang dikelola secara monopoli. Hari ini, para pengguna korporat
meletakkan bersama keseluruhan jejaring di bawah kontrol mereka,
memotong-pintas jejaring publik sebagian atau sepenuhnya. Deregulation dan
teknologi digital baru telah mengizinkan perusahaan untuk secara sadar
merancang dan mengoperasikan jejaring telekomunikasi internal dan privat untuk
meningkatkan posisi kompetitif mereka. Apa yang dulunya merupakan biaya untuk
menjalankan bisnis, sekarang menjadi sumber keuntungan kompetitif
Layanan
TIK sekarang digunakan oleh semua sektor ekonomik, mulai dari pertambangan dan
pertanian sampai layanan finansial, manufaktur dan kepariwisataan. Jejaring
privat ini hadir di semua industri global, di mana perusahaan multinasional
menjadi perusahaan jejaring. Para pengguna bisnis berskala besar memiliki
kebutuhan akan sistem yang cost-effective, leluasa, aman, automated, terpadu
dan terandalkan. Jika para penyedia layanan lokal tidak dapat memenuhi
kebutuhan ini, dengan biaya yang masuk akal, perusahaan-perusahaan besar memiliki
pilihan untuk mengembangkan sendiri jejaring privat. Perusahaan multinasional
telah dapat mengkoordinasikan produksi dan marketing dengan sistem komunikasi
berbasis satelit dengan kapabilitas video-conferencing, untuk tujuan
mengkoordinasikan pengembangan produk dan disain manufaktur.
Layanan TIK sekarang digunakan oleh semua sektor ekonomik, mulai dari pertambangan dan pertanian sampai layanan finansial, manufaktur dan kepariwisataan. Jejaring privat ini hadir di semua industri global, di mana perusahaan multinasional menjadi perusahaan jejaring. Para pengguna bisnis berskala besar memiliki kebutuhan akan sistem yang cost-effective, leluasa, aman, automated, terpadu dan terandalkan. Jika para penyedia layanan lokal tidak dapat memenuhi kebutuhan ini, dengan biaya yang masuk akal, perusahaan-perusahaan besar memiliki pilihan untuk mengembangkan sendiri jejaring privat. Perusahaan multinasional telah dapat mengkoordinasikan produksi dan marketing dengan sistem komunikasi berbasis satelit dengan kapabilitas video-conferencing, untuk tujuan mengkoordinasikan pengembangan produk dan disain manufaktur.
Usaha Mikro, Usaha Menengah, Usaha Makro
Usaha
mikro atau ekonomi rakyat merupakan kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam
perekonomian Indonesia yang pada umumnya bergerak di sector pertanian,
perdagangan dan industri rumah tangga dan memiliki keunggulan dalam hal
memanfaatkan sumber daya alam di daerah setempat dan bersifat padat karya
sehingga bisa membantu mengurangi pengangguran. Usaha-usaha mikro ini justru
beroperasi secara kompetitif dan tidak banyak menerima subsidi dari pemerintah
jika dibandingkan dengan perusahaan besar. Dengan demikian perkembangan usaha
mikro memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.
1. Usaha
Mikro
Usaha
Mikro Usaha adalah usaha yang produktif yang dimiliki orang perorang atau badan
usaha yang telah diatur dalam Undang-Undang. Usaha mikro dibuat untuk menaikan
daya beli masyarakat.22 Usaha Mikro merupakan kegiatan ekonomi rakyat yang
berskala kecil, yang memiliki sifat tradisional, dan informal atau belum
terdaftar didalam badan hukum.23 Usaha Mikro adalah ekonomi produktif yang
berdiri sendiri yang dilakukakn perorangan. Salah satu usahanya yaitu
A. WARMINDO
Warmindo atau warung makan yang
khusus menjual berbagai olahan Indomie belakangan sedang populer di kalangan
anak muda. Modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis ini cukup
terjangkau, apalagi jika kita bisa memanfaatkan ruang kosong atau halaman di
rumah sendiri.
Agar berbeda dengan kebanyakan Warmindo,
kamu bisa berinovasi dalam hal menu yang disajikan. Potensi keuntungan bisnis
Warmindo sendiri bisa mencapai Rp100.000.000 dengan strategi pemasaran yang
tepat. Jadi tidak perlu ragu untuk memanfaatkan media sosialmu agar target
pasar semakin luas.
Kelebihan dari usaha ini antara lain
:
- Nol
Biaya Transport
Seperti yang sudah dikatakan di atas, membuat sebuah usaha di rumah sendiri tentu dapat meminimalisir pengeluaran. Kamu dapat memanfaatkan teras rumah, halaman, atau ruang tamu kamu untuk dijadikan tempatmu membuka usaha. Jadi, kamu bisa hemat biaya sewa tempat. Nggak cuma itu aja, membuka bisnis di rumah juga dapat membuatmu hemat biaya transport
- Memiliki
Prosedur Hukum Sederhana
Usaha mikro yang membuka usaha di rumah sendiri dan memiliki karyawan yang merupakan anggota keluarga sendiri, memiliki prosedur hukum yang sederhana. Pengakuan ini dijelaskan pada Pasal 6 ayat (1) huruf b UU No. 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan yang menyebutkan jika perusahaan kecil tidak memerlukan surat izin perdagangan dan tidak perlu mendaftarkan usahanya ke badan hukum. Tapi, jika nantinya usahamu sudah sangat besar dan memiliki pendapatan yang lebih dari 600 juta/tahun, jadi wajib bayar pajak ya.
- Minim
Modal
Membuka warung di rumah sendiri juga hanya
membutuhkan modal yang sangat efisien. Karena modal yang ada benar-benar hanya
digunakan untuk berbelanja segala kebutuhan warungmu. Apa lagi, barang-barang
yang kamu jual juga merupakan barang kemasan yang memiliki batas kadaluwarsa
yang cukup lama.
Sedangkan,
kekurangan dari usaha ini yaitu :
- Keuntungan
yang belum terlalu besar di awal
Nggak bisa dipungkiri jika keuntungan
yang akan kamu dapatkan dari membuka usaha warung kelontong ini tidaklah besar,
apalagi saat kamu pertama kali baru memulai. Hal ini karena pelangganmu
hanyalah warga yang tinggal di daerah rumahmu saja. Tapi, kamu bisa menyiasati
hal ini dengan mencari harga barang yang lebih murah. Misalnya, dengan
berbelanja di aplikasi Miqro.
- Mengganggu
Ketentraman Rumahmu
Yap, cepat atau lambat mungkin
anggota keluargamu akan protes karena rumahnya terlalu berisik dan terlalu
banyak orang yang datang. Biasanya, yang akan protes seperti ini adalah
anak-anakmu nanti. Kamu juga tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan
kegiatan dengan keluarga seperti yang lain
- Kurang
Sosialisasi
Banyak usahawan rumahan yang tidak
mengikuti perkembangan zaman saat ini. Hal ini karena mereka mendedikasikan
hari-harinya untuk mengurus bisnis warung kelontongnya di rumah. Jika hal ini
terus berlangsung, maka kehidupanmu akan semakin jauh dari peradaban dunia, dan
ini sangat tidak baik.
2. Usaha
menengah
Usaha
yang memberikan konstribusi pada suatu bidang yang signifikan dalam memacu
perkembangan ekonomi. Dan juga usaha yang dilihat dari skala usahanya,
contohnya dalam usaha rumah tangga hanya mempunyai pegawai 1-19 orang. Masalah
yang dihadapi UKM adalah dalam melakukan pemasaran. Akan tetapi UKM berhasil
dikembangkan di Negara China, Jepang dan India.25 Usaha Kecil dan Menengah
mempunyai peranan penting dan strategi dalam ekonomi negara. UKM di
Indonesiapun meningkat karena di dominasi oleh industri makanan dan minuman.
3. Usaha
Makro
Usaha
ekomoni produktif yang dilaksanakan oleh badan usaha dengan kekayaan yang
bersih bisa dikatakan hasil penjualan lebih besar dari usaha. Usaha makro
adalah usaha yang cangkupannya besar dan luas, usaha yang sudah go public dan
jangka panjang, untuk meningkatkan usaha ini dilihat dari kinerja dan
keuangannya.
Salah
satu usahanya yaitu :
A. Alfamart
Perusahaan ini didirikan pada tahun
1989 oleh Djoko Susanto dengan bisnis di bidang perdagangan dan distribusi
berbagai macam produk. Sepuluh tahun kemudian, perusahaan ini beralih ke bisnis
pengoperasian minimarket. Pada tahun 2002, perusahaan ini mengakuisisi 141
gerai Alfaminimart dan mengubah nama gerai-gerai tersebut menjadi “Alfamart”.
Pada tahun 2009, perusahaan ini resmi melantai di Bursa Efek Indonesia. Pada
tahun 2012, perusahaan ini mendirikan Sumber Indah Lestari agar dapat berbisnis
di bidang kesehatan dan kecantikan. Pada tahun 2013, perusahaan ini mulai
mengakuisisi saham Midi Utama Indonesia serta mendirikan Alfamart Retail Asia.
Pada tahun 2014, bersama SM Investments Corporation, Alfamart Retail Asia
mendirikan sebuah perusahaan patungan bernama Alfamart Trading Philippines agar
dapat mengembangkan merek Alfamart di Filipina. Perusahaan ini kemudian juga
mengakuisisi mayoritas saham Midi Utama Indonesia. Pada tahun 2015, perusahaan
ini mendirikan Sumber Trijaya Lestari agar dapat menyediakan layanan e-commerce
dengan nama "Alfacart". Pada tahun 2016, perusahaan ini meluncurkan
AlfaMind, gerai virtual pertama di Indonesia dengan teknologi augmented
reality. Salah satu gerai Alfamart
di Manila, Filipina
Alfamart Trading Philippines kemudian
juga membuka gerai pertamanya di Filipina, tepatnya di Trece Martires. Pada
tahun 2017, perusahaan ini mendirikan Sumber Wahana Sejahtera agar dapat
menyediakan layanan pengiriman paket. Pada tahun 2019, perusahaan ini
meluncurkan aplikasi Alfagift untuk memudahkan pengguna dalam mengetahui
promosi yang sedang diadakan. Perusahaan ini kemudian juga mengakuisisi 75%
saham Global Loyalti Indonesia. Pada tanggal 11 November 2020, Alfamart Trading
Philippines meresmikan gerai minimarketnya yang ke-1000, yakni di Tagum.
Alfamart Trading Philippines pun berencana terus menambah jumlah gerai
minimarketnya di Filipina, terutama di Cebu, Davao, Cagayan de Oro, dan
Zamboanga
Kelebihan dari perusahaan ini yaitu :
1. Dengan
bergabung dengan franchise Alfamart , investor tidak perlu repot dengan
penyediaan karyawan, termasuk perekrutan maupun pelatihan karyawan.
2. Investor
atau pemilik toko pun dimudahkan dengan manajemen yang dimiliki oleh franchise
ini. Investor pun tidak perlu repot
dengan pembukaan toko, distribusi barang, pemasaran, dan sebagainya. segala hal
yang berhubungan dengan manajemen akan diurus oleh pihak Alfamart .
3. Pemilik
toko tidak perlu khawatir dengan stok barang yang dijual, sebab stok barang
akan selalu terjaga.
4. Pemilik
toko yang bergabung dengan franchise Alfamart
juga tidak perlu khawatir dengan operasional toko, karena semuanya
diurus oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Pemilik toko hanya akan menerima
hasilnya saja.
5. Alfamart merupakan merek yang telah dikenal
dimana-mana sehingga tidak butuh banyak promosi untuk membuat minimarket
Alfamart dikunjungi oleh pelanggan.
6. Pemilik
toko pun bisa mendapatkan pendapatan lain selain toko, misalnya dari sewa
tempat maupun display produk
Sedangkan
dari perusahaan ini, yaitu
1. Investor
yang hendak membuka toko dibawah nama Alfamart
perlu memiliki modal yang terhitung tidak sedikit. Ia harus menyediakan
tempat usaha, penyedian dan display produk, serta harus membayaran biaya
franchise dalam jumlah yang cukup besar.
2. Dengan
modal yang besar tersebut, pengembalian modal dan pendapat keuntungan butuh
waktu yang lama.
3. Investor
juga masih harus membayar royalti kepada pemilik Franchise untuk setiap
penjualan bersih yang diperoleh. Kewajiban ini tentu akan mengurangi perolehan
keuntungan.
4. Investor
atau pemilik toko harus tunduk pada ketentuan-ketentuan yang dibuat oleh PT.
Sumber Alfaria Trijaya. Sistem manajemen toko tidak dapat diubah secara
sembarangan sekalipun toko tersebut adalah milik investor.
5. Pihak
pengelola menentukan apa jenis produk dan siapa yang menjadi supplier produk
untuk toko Alfamart, sehingga investor tidak dapat menentukan produk yang
dijual sesuka hatinya.
http://digilib.uinsgd.ac.id/37510/5/5_bab2.pdf
https://shineesa.wordpress.com/2014/10/30/definisi-bisnis-tik-dan-bisnis-informatika/
https://blog.qasir.id/inspirasi/inilah-kelebihan-dan-kekurangan-membuka-warung-kelontong-di-rumah
Komentar
Posting Komentar