Bisnis TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan Bisnis Informatika

 

Definisi Bisnis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan Bisnis Informatika

Peranan TIK dalam bidang bisnis sangat besar karena tujuan dari bisnis adalah untuk mencari keuntungan yang diperoleh dari hasil transaksi, baik barang maupun jasa. Penggunaan alat bantu TIK merupakan keharusan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis. Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk memproses gaji, data statistik, dan akunting (keuangan). Sistem komputer melakukan otomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin kantor. Banyak bisnis sudah menggunakan sistem komputer untuk pengawasan stok barang, membuat laporan keuangan, meramal, dan merencanakan bisnis masa depan. Bagi dunia bisnis, jejaring telekomunikasi awalnya digunakan seperti halnya jejaring listrik, distribusi air, dan jejaring utilitas lain. Ini merupakan sumber yang penting, tetapi dulu perusahaan memiliki pengaruh yang kecil. Perusahaan-perusahaan memiliki pilihan yang terbatas atas layanan yang diperoleh dari penyediaan layanan yang dikelola secara monopoli. Hari ini, para pengguna korporat meletakkan bersama keseluruhan jejaring di bawah kontrol mereka, memotong-pintas jejaring publik sebagian atau sepenuhnya. Deregulation dan teknologi digital baru telah mengizinkan perusahaan untuk secara sadar merancang dan mengoperasikan jejaring telekomunikasi internal dan privat untuk meningkatkan posisi kompetitif mereka. Apa yang dulunya merupakan biaya untuk menjalankan bisnis, sekarang menjadi sumber keuntungan kompetitif

Layanan TIK sekarang digunakan oleh semua sektor ekonomik, mulai dari pertambangan dan pertanian sampai layanan finansial, manufaktur dan kepariwisataan. Jejaring privat ini hadir di semua industri global, di mana perusahaan multinasional menjadi perusahaan jejaring. Para pengguna bisnis berskala besar memiliki kebutuhan akan sistem yang cost-effective, leluasa, aman, automated, terpadu dan terandalkan. Jika para penyedia layanan lokal tidak dapat memenuhi kebutuhan ini, dengan biaya yang masuk akal, perusahaan-perusahaan besar memiliki pilihan untuk mengembangkan sendiri jejaring privat. Perusahaan multinasional telah dapat mengkoordinasikan produksi dan marketing dengan sistem komunikasi berbasis satelit dengan kapabilitas video-conferencing, untuk tujuan mengkoordinasikan pengembangan produk dan disain manufaktur.

Layanan TIK sekarang digunakan oleh semua sektor ekonomik, mulai dari pertambangan dan pertanian sampai layanan finansial, manufaktur dan kepariwisataan. Jejaring privat ini hadir di semua industri global, di mana perusahaan multinasional menjadi perusahaan jejaring. Para pengguna bisnis berskala besar memiliki kebutuhan akan sistem yang cost-effective, leluasa, aman, automated, terpadu dan terandalkan. Jika para penyedia layanan lokal tidak dapat memenuhi kebutuhan ini, dengan biaya yang masuk akal, perusahaan-perusahaan besar memiliki pilihan untuk mengembangkan sendiri jejaring privat. Perusahaan multinasional telah dapat mengkoordinasikan produksi dan marketing dengan sistem komunikasi berbasis satelit dengan kapabilitas video-conferencing, untuk tujuan mengkoordinasikan pengembangan produk dan disain manufaktur.

Usaha Mikro, Usaha Menengah, Usaha Makro

Usaha mikro atau ekonomi rakyat merupakan kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia yang pada umumnya bergerak di sector pertanian, perdagangan dan industri rumah tangga dan memiliki keunggulan dalam hal memanfaatkan sumber daya alam di daerah setempat dan bersifat padat karya sehingga bisa membantu mengurangi pengangguran. Usaha-usaha mikro ini justru beroperasi secara kompetitif dan tidak banyak menerima subsidi dari pemerintah jika dibandingkan dengan perusahaan besar. Dengan demikian perkembangan usaha mikro memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

1.     Usaha Mikro

Usaha Mikro Usaha adalah usaha yang produktif yang dimiliki orang perorang atau badan usaha yang telah diatur dalam Undang-Undang. Usaha mikro dibuat untuk menaikan daya beli masyarakat.22 Usaha Mikro merupakan kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil, yang memiliki sifat tradisional, dan informal atau belum terdaftar didalam badan hukum.23 Usaha Mikro adalah ekonomi produktif yang berdiri sendiri yang dilakukakn perorangan. Salah satu usahanya yaitu

A.    WARMINDO

Warmindo atau warung makan yang khusus menjual berbagai olahan Indomie belakangan sedang populer di kalangan anak muda. Modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis ini cukup terjangkau, apalagi jika kita bisa memanfaatkan ruang kosong atau halaman di rumah sendiri.

Agar berbeda dengan kebanyakan Warmindo, kamu bisa berinovasi dalam hal menu yang disajikan. Potensi keuntungan bisnis Warmindo sendiri bisa mencapai Rp100.000.000 dengan strategi pemasaran yang tepat. Jadi tidak perlu ragu untuk memanfaatkan media sosialmu agar target pasar semakin luas.

Kelebihan dari usaha ini antara lain :

-       Nol Biaya Transport

Seperti yang sudah dikatakan di atas, membuat sebuah usaha di rumah sendiri tentu dapat meminimalisir pengeluaran. Kamu dapat memanfaatkan teras rumah, halaman, atau ruang tamu kamu untuk dijadikan tempatmu membuka usaha. Jadi, kamu bisa hemat biaya sewa tempat. Nggak cuma itu aja, membuka bisnis di rumah juga dapat membuatmu hemat biaya transport

-       Memiliki Prosedur Hukum Sederhana

Usaha mikro yang membuka usaha di rumah sendiri dan memiliki karyawan yang merupakan anggota keluarga sendiri, memiliki prosedur hukum yang sederhana. Pengakuan ini dijelaskan pada Pasal 6 ayat (1) huruf b UU No. 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan yang menyebutkan jika perusahaan kecil tidak memerlukan surat izin perdagangan dan tidak perlu mendaftarkan usahanya ke badan hukum. Tapi, jika nantinya usahamu sudah sangat besar dan memiliki pendapatan yang lebih dari 600 juta/tahun, jadi wajib bayar pajak ya.

-       Minim Modal

Membuka warung di rumah sendiri juga hanya membutuhkan modal yang sangat efisien. Karena modal yang ada benar-benar hanya digunakan untuk berbelanja segala kebutuhan warungmu. Apa lagi, barang-barang yang kamu jual juga merupakan barang kemasan yang memiliki batas kadaluwarsa yang cukup lama.

Sedangkan, kekurangan dari usaha ini yaitu :

-       Keuntungan yang belum terlalu besar di awal

Nggak bisa dipungkiri jika keuntungan yang akan kamu dapatkan dari membuka usaha warung kelontong ini tidaklah besar, apalagi saat kamu pertama kali baru memulai. Hal ini karena pelangganmu hanyalah warga yang tinggal di daerah rumahmu saja. Tapi, kamu bisa menyiasati hal ini dengan mencari harga barang yang lebih murah. Misalnya, dengan berbelanja di aplikasi Miqro.

-       Mengganggu Ketentraman Rumahmu

Yap, cepat atau lambat mungkin anggota keluargamu akan protes karena rumahnya terlalu berisik dan terlalu banyak orang yang datang. Biasanya, yang akan protes seperti ini adalah anak-anakmu nanti. Kamu juga tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan kegiatan dengan keluarga seperti yang lain

-       Kurang Sosialisasi

Banyak usahawan rumahan yang tidak mengikuti perkembangan zaman saat ini. Hal ini karena mereka mendedikasikan hari-harinya untuk mengurus bisnis warung kelontongnya di rumah. Jika hal ini terus berlangsung, maka kehidupanmu akan semakin jauh dari peradaban dunia, dan ini sangat tidak baik.

 

2.     Usaha menengah

Usaha yang memberikan konstribusi pada suatu bidang yang signifikan dalam memacu perkembangan ekonomi. Dan juga usaha yang dilihat dari skala usahanya, contohnya dalam usaha rumah tangga hanya mempunyai pegawai 1-19 orang. Masalah yang dihadapi UKM adalah dalam melakukan pemasaran. Akan tetapi UKM berhasil dikembangkan di Negara China, Jepang dan India.25 Usaha Kecil dan Menengah mempunyai peranan penting dan strategi dalam ekonomi negara. UKM di Indonesiapun meningkat karena di dominasi oleh industri makanan dan minuman.

 

3.     Usaha Makro

Usaha ekomoni produktif yang dilaksanakan oleh badan usaha dengan kekayaan yang bersih bisa dikatakan hasil penjualan lebih besar dari usaha. Usaha makro adalah usaha yang cangkupannya besar dan luas, usaha yang sudah go public dan jangka panjang, untuk meningkatkan usaha ini dilihat dari kinerja dan keuangannya.

Salah satu usahanya yaitu :

A.    Alfamart

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1989 oleh Djoko Susanto dengan bisnis di bidang perdagangan dan distribusi berbagai macam produk. Sepuluh tahun kemudian, perusahaan ini beralih ke bisnis pengoperasian minimarket. Pada tahun 2002, perusahaan ini mengakuisisi 141 gerai Alfaminimart dan mengubah nama gerai-gerai tersebut menjadi “Alfamart”. Pada tahun 2009, perusahaan ini resmi melantai di Bursa Efek Indonesia. Pada tahun 2012, perusahaan ini mendirikan Sumber Indah Lestari agar dapat berbisnis di bidang kesehatan dan kecantikan. Pada tahun 2013, perusahaan ini mulai mengakuisisi saham Midi Utama Indonesia serta mendirikan Alfamart Retail Asia. Pada tahun 2014, bersama SM Investments Corporation, Alfamart Retail Asia mendirikan sebuah perusahaan patungan bernama Alfamart Trading Philippines agar dapat mengembangkan merek Alfamart di Filipina. Perusahaan ini kemudian juga mengakuisisi mayoritas saham Midi Utama Indonesia. Pada tahun 2015, perusahaan ini mendirikan Sumber Trijaya Lestari agar dapat menyediakan layanan e-commerce dengan nama "Alfacart". Pada tahun 2016, perusahaan ini meluncurkan AlfaMind, gerai virtual pertama di Indonesia dengan teknologi augmented reality. Salah satu gerai Alfamart di Manila, Filipina

Alfamart Trading Philippines kemudian juga membuka gerai pertamanya di Filipina, tepatnya di Trece Martires. Pada tahun 2017, perusahaan ini mendirikan Sumber Wahana Sejahtera agar dapat menyediakan layanan pengiriman paket. Pada tahun 2019, perusahaan ini meluncurkan aplikasi Alfagift untuk memudahkan pengguna dalam mengetahui promosi yang sedang diadakan. Perusahaan ini kemudian juga mengakuisisi 75% saham Global Loyalti Indonesia. Pada tanggal 11 November 2020, Alfamart Trading Philippines meresmikan gerai minimarketnya yang ke-1000, yakni di Tagum. Alfamart Trading Philippines pun berencana terus menambah jumlah gerai minimarketnya di Filipina, terutama di Cebu, Davao, Cagayan de Oro, dan Zamboanga

Kelebihan dari perusahaan ini yaitu :

1.     Dengan bergabung dengan franchise Alfamart , investor tidak perlu repot dengan penyediaan karyawan, termasuk perekrutan maupun pelatihan karyawan.

2.     Investor atau pemilik toko pun dimudahkan dengan manajemen yang dimiliki oleh franchise ini.  Investor pun tidak perlu repot dengan pembukaan toko, distribusi barang, pemasaran, dan sebagainya. segala hal yang berhubungan dengan manajemen akan diurus oleh pihak Alfamart .

3.     Pemilik toko tidak perlu khawatir dengan stok barang yang dijual, sebab stok barang akan selalu terjaga.

4.     Pemilik toko yang bergabung dengan franchise Alfamart  juga tidak perlu khawatir dengan operasional toko, karena semuanya diurus oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Pemilik toko hanya akan menerima hasilnya saja.

5.     Alfamart  merupakan merek yang telah dikenal dimana-mana sehingga tidak butuh banyak promosi untuk membuat minimarket Alfamart  dikunjungi oleh pelanggan.

6.     Pemilik toko pun bisa mendapatkan pendapatan lain selain toko, misalnya dari sewa tempat maupun display produk

Sedangkan dari perusahaan ini, yaitu

1.     Investor yang hendak membuka toko dibawah nama Alfamart  perlu memiliki modal yang terhitung tidak sedikit. Ia harus menyediakan tempat usaha, penyedian dan display produk, serta harus membayaran biaya franchise dalam jumlah yang cukup besar.

2.     Dengan modal yang besar tersebut, pengembalian modal dan pendapat keuntungan butuh waktu yang lama.

3.     Investor juga masih harus membayar royalti kepada pemilik Franchise untuk setiap penjualan bersih yang diperoleh. Kewajiban ini tentu akan mengurangi perolehan keuntungan.

4.     Investor atau pemilik toko harus tunduk pada ketentuan-ketentuan yang dibuat oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya. Sistem manajemen toko tidak dapat diubah secara sembarangan sekalipun toko tersebut adalah milik investor.

5.     Pihak pengelola menentukan apa jenis produk dan siapa yang menjadi supplier produk untuk toko Alfamart, sehingga investor tidak dapat menentukan produk yang dijual sesuka hatinya.

 

http://digilib.uinsgd.ac.id/37510/5/5_bab2.pdf

https://shineesa.wordpress.com/2014/10/30/definisi-bisnis-tik-dan-bisnis-informatika/

https://blog.qasir.id/inspirasi/inilah-kelebihan-dan-kekurangan-membuka-warung-kelontong-di-rumah

 

Komentar

Postingan Populer